Langsung ke konten utama

Sejarah Jaringan dan Internet



Beberapa waktu yang lalu saya mendapat tugas untuk membuat essay mengenai sejarah jaringan dan internet dengan syarat minimal 700 kata.

Setelah menyelesaikannya saya memutuskan untuk membagikannya di blog ini.

Mungkin informasi yang ada masih kurang lengkap.

Kalau ada waktu luang saya berencara akan menyelesaikannya.

Sejarah Jaringan dan Internet


Sejarah jaringan komputer dimulai di Amerika pada tahun 1940-an, dibawah pimpinan profesor Howard Aiken pada sebuah projek pengembangan komputer MODEL I yang dilakukan di laboratorium Bell dan grup riset Universitas Harvard. Projek tersebut bertujuan untuk memanfaatkan sebuah komputer agar bisa dipakai secara bersama, dengan tujuan untuk menghemat waktu. Karena itu, dibuatlah suatu proses beruntun (Batch Processing) agar sebuah komputer bisa menjalankan beberapa program dalam antrian.

Sekitar 10 tahun kemudian seiring dengan perkembangan komputer, akhirnya terciptalah suatu jenis komputer yang kita kenal sekarang ini dengan sebutan super komputer. Karena tuntutan perusahan dimana sebuah komputer harus bisa melayani dan menjalankan program di beberapa terminal, maka diciptakanlah sebuah sistem yang disebut Time Sharing System (TSS). Inilah waktu pertama kali bentuk jaringan komputer diaplikasikan, dan juga merupakan awal dari jaringan komputer yang kita gunakan sekarang ini.

Pada Time Sharing System, beberapa terminal terhubung ke komputer atau suatu perangkat lain yang ada dalam suatu jaringan yang berfungsi sebagai server atau host. Dengan sistem ini suatu komputer dapat berfungsi sebagai server yang bisa diakses menggunakan terminal para client yang terhubung, secara bersamaan.

Seiring berjalannya waktu, beban yang harus diproses oleh komputer menjadi semakin banyak yang artinya perlu komputer dengan kemampuan pemrosesan yang lebih tinggi lagi. Karena harga komponen komputer waktu itu sangat mahal, maka dibuatlah sistem jaringan baru yang bekerja membagi data yang ada dalam suatu host atau server ke server lain untuk mempermudah pemrosesannya. Sistem jaringan ini disebut Distribution Processing atau proses distribusi.

Kelebihan dari proses distribusi ini adalah dua atau lebih host bisa mengerjakan tugas secara bersama sehingga proses pengolahan data menjadi lebih optimal. Selain itu, host atau server juga bisa menangani banyak terminal.

Pada tahun 1970-an Roy Tomilson yang juga merupakan pembuat ARPANET  mengembangakan sistem surat elektronik yang bisa membawa pesan dengan waktu yang sangat cepat, yang sekarang kita kenal dengan sebutan email. Karena mudah digunakan, ARPANET mulai meluas, menjadi populer dan dikembangkan lebih lanjut.

Selanjutnya pada tahun 1973 Vinton Cerf dan Bob Kahn membuat sebuah gagasan yang merupakan awal dari internet yang kita kenal sekarang ini. Kedua orang ahli komputer ini mulai mengembangkan dan mengusulkan sebuah jaringan komputer dengan jangkauan sangat luas sehingga dapat digunakan di seluruh dunia.

Tahun 1980-an teknologi komputer semakin berkembang dan munculnya komputer-komputer baru. Hal mengakibatkan kebutuhan akan jaringan komputer menjadi lebih banyak. Karena itu, dibuatlah protokol resmi pada jaringan internet. Akhirnya dibuatlah sebuah protokol TCP (Transmission Control Protocol) pada tahun 1982 yang sekarang kita kenal dengan istilah IP (Internet Protocol). Dengan menggunakan protokol ini banyak komputer bisa terhubung dalam jaringan internasional dan juga bisa menghubungkan pengguna dari seluruh dunia.

Karena jaringan komputer mulai mendunia, membuat manusia kesulitan untuk mengingat semua alamat IP yang ada. Akhirnya pada tahun 1984 diperkenalkanlah sistem domain (DNS). Dengan sistem domain ini, alamt IP address bisa disamarkan atau di aliaskan agar menjadi lebih mudah untuk diingat.

Local Area Network (LAN) merupakan jenis jaringan komputer yang pertama kali digunakan sebelum adanya internet. Koneksi jaringan komputer LAN ini memungkinkan dua atau lebih komputer untuk terhubung tanpa membutuhkan komputer yang berperan sebagai host atau server.

Seiring dengan perkembangan jaringan komputer, maka kebutuhan para penggunanya juga semakin meningkat. Pada tahun 1988, Jarkko Oikaren yang berasal dari Finlandia mengembangkan suatu sistem chatting yang berbasis jaringan yang diberinama Internet Chat Relay (IRC). Dengan menggunakan sistem ini pengguna bisa melakukan chatting kepada pengguna lainnya melalui internet.

Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 1990 seseorang yang bernama Tim Berners Lee mulai mengembangkan suatu program yang memungkinkan pengguna bisa melihat isi dalam internet. Hasil kerjanya itu sering disebut dengan World Wide Web atau yang kita kenal sebagai WWW. WWW ini memungkinkan pengguna bisa menjelajahi internet saat dia tersambung ke jaringan.

Sejak kemunculan WWW pengguna komputer yang saling terhubung dalam jaringan berjumlah lebih dari 1 juta komputer. Beberapa tahun setelah itu, mulai banyak juga domain yang didaftarkan dan tercatat pada waktu itu ada lebih dari 3000 situs telah ada di internet.

Pada waktu yang sama pula muncul web browser, yaitu sebuah software yang bisa digunakan untuk menjelajah situs ataupun alamat yang tersedia di internet.

Pada awal munculnya jaringan komputer, media yang digunakan untuk menghubungan antara dua atau lebih komputer adalah kabel. Kabel yang pertama kali diguanakan adalah kabel dengan jenis tembaga. Untuk saat ini sudah jarang yang menggunakan kabel jenis ini. Kebanyakan kabel yang digunakan sekarang adalah fiber optik. Karena menggunakan media cahaya sebagai pengirim data, kabel fiber optik ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

Perangkat atau hardware yang digunakan untuk menghubungan jaringan komputer secara lokal (LAN) disebut dengan ethernet card. Dengan ethernet card proses menghubungkan dua atau lebih komputer dalam suatu jaringan lokal (LAN) menjadi lebih mudah.

Ethernet card dibuat oleh Xerox pada tahun 1976 dan menjadi protokol standar untuk membangun jaringan LAN sejak tahun 1983.

Sekitar tahun 90-an pengguna internet semakin meluas. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai situs dan website serta semakin banyak pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Waktu itu untuk bisa mengakses internet pengguna menggunakan koneksi dial up.

Dial up ini memungkinkan pengguna komputer untuk terhubung ke internet dengan menggunakan kabel telepon. Waktu itu sebagian besar orang sudah mempunyai kabel telpon di rumah mereka dan ini membuat pengguna internet menjadi semakin meningkat.

Karena telepon rumah tidak bisa digunakan saat melakukan dial up, munculah modem ADSL yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kekacauan saat menggunakan dial up dan telepon rumah.

Selain menggunakan kabel, komputer juga bisa terhubung ke jaringan atau ke internet dengan menggunakan wireless. Cara kerja wireless adalah dengan menggunakan gelombang dan dengan adanya teknologi ini setiap komputer yang bisa membaca sinyal yang dipancarkan bisa saling terhubung.

Hingga saat ini lebih dari puluhan juta penduduk dunia memiliki komputer yang saling terhubung ke jaringan internet, yang merupakan salah satu penemuan terbesar dalam jaringan komputer.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyambungkan Hotshare HTTP Injector di Sistem Operasi Linux

Buat kalian yang belum tahu, HTTP Injector adalah salah satu aplikasi android yang bisa digunakan untuk mengakses internet secara gratis. Sebenarnya masih banyak fungsi lain dari aplikasi ini tetapi saya tidak akan membahasnya. Silahkan cari informasinya sendiri. Sedikit informasi, sebenarnya dari aplikasi HTTP Injector-nya sudah ada fitur untuk berbagi hotspot kita, tetapi cari ini hanya bisa digunakan untuk hp yang memiliki akses root. Karena beberapa alasan saya belum melakukan root untuk hp yang saya gunakan. Hal  ini merupakan suatu masalah karena jika kita mengaktifkan hotspot saat menggunakan HI pada perangkat yang belum di root, maka perangkat lain yang tersambung di hotspot kita tidak bisa ikut menikmati akses internet gratisnya. Untungnya, sang pembuat aplikasi ini telah menyediakan fitur Hotshare yang bisa memudahkan kita yang hpnya belum di root. Setelah di aktifkan, kita tinggal mengikuti tutorial yang ada. Sayangnya, di situs guide tersebut tidak ada tutorial untuk sistem

Review Anime Choujin Koukousei-tachi wa Isekai demo Yoyuu de Ikinuku you desu!

Informasi Choujin Koukousei-tachi wa Isekai demo Yoyuu de Ikinuku you desu! ( 超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! ) atau dalam bahasa Inggrisnya disebut CHOYOYU!: High School Prodigies Have It Easy Even in Another World! adalah anime yang tayang pada musim gugur (fall) tahun 2019. Anime dengan genre fantasi ini diadaptasi dari light novel dan dikerjakan oleh studio yang bernama Project No.9 Sinopsis Tujuh siswa sekolah menengah yang berasal dari Jepang sangat terkenal karena kemampuan yang dimiliki mereka. Suatu hari mereka mengalami kecelakaan saat sedang menaiki pesawat. Saat sadar dari kecelakaan, ternyata mereka telah berada di dunia fantasi abad pertengahan Freyjagard, dimana dua ras manusia hidup berdampingan. Ketujuh orang jenius ini diselamatkan oleh Winuma byuma dan putri angkatnya Lyrule,dan merekapun berjanji untuk menggunakan kemampuan mereka untuk membalas kebaikan yang telah mereka terima sambil mencari cara untuk pulang kerumah. Karakter Tsukasa Mikogami Tsukas