Cerita ini dimulai pada satu minggu yang lalu setelah saya menulis postingan ini, lebih tepatnya pada tanggal 15 Agustus tahun 2021.
Saat itu paket internet yang ada pada modem yang saya gunakan hanya tinggal sedikit, dan saya ingin melakukan isi ulang paket data.
Paket langganan yang biasa saya gunakan adalah paket yang bernama Orbit 100GB. Alasannya adalah karena paket ini sangat murah, paling murah dari sekian banyak provider internet yang pernah saya coba dan bahkan jika dibandingkan dengan produk Telkomsel yang lain.
Sejak pertama kali membeli modem Telkomsel Orbit ini, saya selalu menggunakan Gopay sebagai alat pembayaran. Selain karena topup Gopay itu mudah, layanan yang diberikan juga stabil, tidak seperti OVO yang dulu pernah membuat saya pusing.
Setelah selesai melakukan pembayaran, ternyata status pembayaran saya tidak berhasil.
WTF?
Biasanya memang ada durasi sekitar beberapa menit hingga pembayaran kita diterima, tapi kali ini cukup berbeda.
Saldo Gopay saya sudah terpotong dan proses pembayaran tidak berhasil.
Dalam sistem pembayaran Orbit, ada proses menunggu selama 15 menit. Jika kita tidak melakukan pembayaran dalam waktu tersebut, maka akan dibatalkan otomatis oleh sistem.
Setelah melakukan pembayaran dan menekan tombol "Konfirmasi", ternyata pembayaran saya belum bisa dikonfirmasi.
Akhirnya, waktu konfirmasi 15 menit tersebut habis dan...
Gagal.
Saya cukup kecewa akan hal ini karena sejak awal menggunakan modem ini tidak ada masalah sama sekali. (btw, masalah ini bukan dari sistem Gopay, tapi akibat pada developer Telkomsel Orbit yang kurang pengalaman)
Kemudian saya mencoba untuk menghubungi CS dari Telkomsel Orbit, baik itu dari WA, email, dan IG tapi tidak ada jawaban sama sekali. (saya sudah menunggu dua hari)
Tidak sampai disitu, saya mencoba untuk menghubungi CS Telkomsel karena dari pengalaman saya mereka cukup cepat memberikan respon.
Tapi ternyata mereka hanya menyuruh saya untuk menghubungi kembali CS Telkomsel Orbit yang tidak ada respon itu.
Setelah memutuskan untuk menunggu balasan dari CS Orbit yang tidak ada respon sama sekali, saya pun mencoba untuk menghubungi CS Telkomsel sekali lagi.
Dan...
Jawaban mereka seperti ini
Saya diminta untuk melakukan beberapa konfirmasi pencocokan data.
Setelah berhasil melakukan konfirmasi data, kemudian pihak Telkomsel menghubungi CS Orbit secara langsung.
Disini saya ada sedikit harapan karena ada kemungkinan masalah saya akan ditanggapi.
Selanjutnya saya menerima balasan dari CS Telkomsel bahwa laporan saya sedang diproses dan saya harus menunggu selama beberapa hari.
Beberapa hari kemudian, saya mendapatkan notifikasi bahwa paket saya telah berhasil diaktifkan.